Cara Membangun Personal Blog Terbaru Beserta Platformnya 2021

membangun personal blog

Personal blog sangat penting untuk membantu Anda meningkatkan personal branding. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menawarkan berbagai produk kepada followers apabila blog Anda sudah dikenal banyak orang.

Namun, sekarang banyak pilihan media personal blog untuk membantu Anda berkreativitas sekaligus mengembangkan diri. Tentunya, setiap platform memiliki kebijakan tersendiri untuk masalah pengelolaan akun. 

Bagi Anda yang ingin membangun personal blog namun bingung tips dan platform apa saja yang direkomendasikan untuk membangun personal branding. Pastikan Anda membaca ulasan berikut secara lengkap!

Tips Mudah Mengembangkan Personal Blog

Membangun personal branding melalui personal blog harus melakukan beberapa tips. Hal ini penting agar blog pribadi Anda mampu membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung ke blok. 

Tentu saja secara otomatis traffic-nya akan meningkat. Berikut ini tipsnya:

1. Tentukan Niche dan Nama

Pastikan sebelum membuat blog pribadi Anda memperhatikan niche dan nama. Hal ini penting karena berhubungan dengan identitas Anda. Selain itu, pastikan nama yang dipilih singkat dan mudah diingat. 

2. Pilih Platform Sesuai Kebutuhan Anda

Pastikan sebelum Anda ingin membangun personal blog pastikan mengetahui apa saja platformnya. Anda bisa menemukan banyak pilihan media seperti blogspot, wordpress.com. wordpress.org, medium dan lain sebagainya.

3. Penentuan Topik

Tema blog usahakan tidak gado-gado. Ambil tema spesifik yang dikuasai. Hal itu akan mendorong para pengunjung yang sedang mencari jawaban atas masalahnya dapat terselesaikan tuntas di blog Anda. 

Namun, Anda bisa memilih blog bertema gado-gado. Biasanya, tema demikian ditujukan untuk blog berita.

Pemilihan tema yang tepat dapat membuat orang lain atau visitor lebih mengenali Anda. Tentunya, setiap orang mempunyai keinginan yang berbeda dan memungkinkan lebih dari satu bidang. 

Meskipun, terlalu banyak niche untuk personal blog juga dianggap kurang baik. Anda dapat mencoba menuliskan beberapa pilihan topic seperti film, life style maupun review buku. 

Kemudian langkah keempat adalah penentuan tema. Dalam menentukan tema juga dianggap penting. Meskipun demikian, Anda juga perlu memperhatikan tingkat konsistensi mengenai tulisan.

membangun personal blog

4. Jangan Sering Mengubah Tema

Perlu Anda ketahui jangan sesekali mengubah tema pada awal penulisan. Hal tersebut dapat menghambat Anda saat menulis. 

Pengubahan tema terlalu sering dapat menyebabkan para pengunjung website Anda semakin berkurang. Namun, ada juga blog yang sudah diubah temanya dapat menarik minat para pengunjung blog.

5. Mulai Menulis, Menulis Lagi dan Seterusnya

Perlu Anda ketahui personal blog juga membutuhkan konten yang relevan agar selalu berkembang. Tentunya, Anda perlu melakukan riset dan mulai menulis.

Tentu Anda harus membuat konsep konten dan menulis secara kontinu. Anda dapat memulainya dengan hal-hal yang ringan. 

Usahakan untuk tidak terlalu terfokus pada kesempurnaan. Hal tersebut lantaran membuat tulisan membutuhkan proses. Tentunya, menulis secara terus-menerus dapat meningkatkan mutu tulisan menjadi semakin baik.

 Selain itu, Anda juga jangan pernah menyerah. Hal itu karena pada awalnya tidak sesempurna yang Anda bayangkan. Semua membutuhkan kerja keras dan waktu.

Platform Apa Saja untuk Membangun Personal Blog?

Keberadaan platform sangat membantu Anda untuk lebih dikenal oleh orang lain sekaligus memberikan manfaat dan nilai lebih. Beberapa platform yang wajib Anda coba untuk membangun personal blog diantaranya meliputi:

  1. WordPress.org
  2. WordPress.com
  3. Medium
  4. Tumblr
  5. Blogger
  6. Instagram

Penggunaan beberapa platform di atas bisa berbayar maupun gratis. Bagi Anda yang baru memulai membangun personal blog bisa menggunakan platform gratisan seperti blogger, medium dan lainnya.

Sedangkan, Anda yang ingin dianggap lebih profesional dan bisa memperoleh cuan dari blog sendiri bisa membeli domain dan hosting untuk wordpress. Bagaimana apakah sudah mantap untuk membangun personal blog dari beberapa platform di atas?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *