Beribadah Rutin adalah Salah Satu Cara Membangun Diri Lebih Baik

Beribadah Rutin adalah Salah Satu Cara Membangun Diri Lebih Baik

Ibadah adalah salah satu kegiatan penting dan menjadi salah hal yang wajib yang harus selalu dilakukan oleh seluruh umat yang beragama. Dimana yang dimaksud dengan ibadah adalah sebuah kegiatan yang menyembah Tuhan dengan salah satu tujuan untuk memohon kebaikan, perlindungan dari Tuhan, dan merupakan salah satu cara agar dapat membangun diri dengan lebih baik. Maka dari itu seluruh umat beragama selalu menjalankan ibadahan rutinnya masing-masing.

Namun tidak hanya itu. Ibadah juga diartikan sebagai kegiatan menyembah Tuhan untuk menghaturkan rasa terima kasih atas berkat yang telah Tuhan berikan kepada kita. Mulai dari rejeki, kesehatan, kebahagiaan, dan lain sebagainya. Jika kita beribadah berarti kita juga mempercayai Tuhan yang Maha Esa sang pencipta segala jenis makhluk dan semua yang ada dimuka bumi dan langit.

Didalam ajaran agama Islam, ibadah menjadi kegiatan yang wajib dan perlu dilakukan. Dengan ibadah yang rutin, tidak terkecuali untuk para umat muslim percaya bahwa Tuhan akan mengabulkan segala doa yang disertai dengan usaha tanpa pernah mengeluh atau mengurangi rasa syukur atas apa yang selalu Tuhan kasih kepada mereka.

Ibadah Wajib Umat Muslim

Ibadah wajib dan rutin yang dilakukan oleh umat muslim adalah shalat 5 waktu, yaitu :

  • Sholat Subuh : Ibadah sholat yang dilakukan diwaktu subuh atau sebelum terbitnya matahari sekitar pukul 4 pagi,
  • Sholat Dhuhur : Ibadah sholat yang dilakukan waktu pagi menjelang siang sekitar pukul 12 siang,
  • Sholat Azhar : Ibadah sholat yang dilakukan waktu pertengahan sore hari sekitar pukul 3 sore,
  • Sholat Maghrib : Ibadah sholat yang dilakukan waktu sore menjelang petang sekitar pukul 6 sore, danĀ 
  • Sholat Isya : Ibadah sholat yang dilakukan setelah sholat yang dilakukan setelah sholat Maghrib sekitar pukul 7 malam.

Ibadah Lain Yang Bisa DiamalkanĀ 

Selain ibadah rutin seperti sholat 5 waktu yang telah dijelaskan diatas, para umat muslim juga mempunyai ibadah lain seperti berdzikir, puasa, membaca kitab Al-Quran, hingga menunaikan shalat sunnah. Ibadah tersebut juga wajib untuk umat muslim dan tentunya Islam mempunyai hukum atau dalil sendiri yang menyebutkan akan adanya perintah untuh menyembah Tuhan-Nya yaitu Allah dan beribadah kepada Allah. Didalam dalil dalil tersebut, dapat kita temukan didalam ayat-ayat kitab Al-Quran atauoun Hadist dari para Rasul yang merupakan kepercayaan Allah untuk hal menyebarkan agama Islam.

Tentu dengan adanya perintah untuk beribadah yang wajib dan harus rutin dilakukan, para umat akan merasakan tujuan dari ibadah yang dijalankan tersebut. Salah satu tujuan beribadah adalah sebagai salah satu cara untuk membangun diri sendiri menjadi lebih baik setiap harinya, dan tujuan lainnya dapat membantu kepada setiap umat untuk mendapatkan manfaat akan kebaikan serta limpahan keberkahan dari Allah SWT.

Bahwa tidak ada satu kerugian pun disaat melakukan kegiatan beribadah serta mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT. Justru dengan kita melakukan ibadah secara rutin, Allah SWT akan memberikan kepada umatnya yang menjalankan perintahnya dengan berbagai kenikmatan.

Beribadah Rutin adalah Salah Satu Cara Membangun Diri Lebih Baik

Tujuan Melakukan Ibadah

Selain dapat menjadi pedoman bagi diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, tujuan lain jika kita umat muslim menjalankan ibadah secara rutin adalah :

  • Dengan menjalankan ibadah, kita tentunya akan merasa damai, aman, dan tenang. Karena kita percaya bahwa Allah akan membantu kita untuk mengurus setiap urusan dan permasalahan atau beban hidup yang sedang kita jalani,
  • Dengan ibadah, kita dapat menghilangkan akan rasa takabur karena yang mempunyai segala kesempurnaan hanya Allah SWT yang Maha Besar dan segalanya,
  • Melakukan ibadah juga dapat disebutkan dengan menunjukan ekspresi bahwa kita manusia hanyalah sosok makhluk yang lemah dan selalu membutuhkan setiap pertolongan serta kekuatan dari sang pencipta Allah SWT,
  • Dengan menjalankan ibadah dapat dilihat seberapa patuh atau tidaknya seorang hamba Tuhan didalam melaksanakan semua perinta Allah SWT yang nantinya dapat mempengaruhi semua nasib mereka didunia hingga di Akhirat untuk segala kehidupan dimasa yang akan datang,
  • Ibadah dilakukan dengan tujuan untuk mengukur sejauh mana akan kepatuhan para makhluk kepada sang pencipta dalam melaksanakan semua perintahnya,

Dikatakan bahwa suatu Ibadah yang akan diterima oleh Allah merupakan ibadah yang sifatnya ringan yang artinya ibadah yang dilakukan secara rutin dengan ketulusan hati dan terus berkelanjutan tanpa menjadikan ibadah itu suatu beban.

Jika sikap tersebut telah ditanamkan didalam hati, maka kita secara otomatis akan mempunyai kebiasaan akan beribadah kepada Allah dengan niat kebaikan dan hati yang ringan. Hal seringan itu yang menjadikan kebahagiaan bagi Allah SWT sang pencipta alam semesta dan senang dengan seluruh Hamba-Nya yang selalu rajin dalam melaksanakan ibadah dan selalu mendekatkan diri kepada Allah.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.