Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Pekerjaan

tawaran kerja

Setelah Anda melalui sejumlah tahapan penerimaan suatu pekerjaan serta mendapatkan penawaran kerja, tentu siapapun akan merasa bahagia sebab di jaman sekarang mendapatkan pekerjaan tidaklah mudah, apalagi bila posisi yang didapatkan adalah posisi yang memang diimpikan selama ini.

Akan tetapi sebelum menyetujui tawaran kerja tersebut, sebetulnya masih ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dahulu dan memikirkan secara matang.

Dengan memahami beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mendapat tawaran pekerjaan pasti akan membantu Anda saat mengambil keputusan nantinya, apakah Anda harus menerimanya atau bahkan menolak tawaran tersebut.

Semua hal yang harus dipertimbangkan ini sangat penting, supaya Anda dapat terhindari dari penyesalan atau rasa ketidaknyaman di masa akan datang, apabila Anda sudah mulai bergabung di sebuah perusahaan untuk bekerja. Nah, untuk Anda yang menerima tawaran pekerjaan, terdapat hal-hal yang harus Anda pertimbangkan secara matang. Maka dari itu, simak lebih lengkapnya berikut ini.

1. Menanyakan Seputar Manajemen

Disini Anda dapat menilai atau mengetahui apakah perusahaan tersebut mempunyai lingkungan yang sehat atau tidak. Ketika HR memberikan Anda kesempatan bertanya, maka jangan di sia-siakan begitu saja. Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk bertanya terkait manajemen perusahaan. Mulai dari visi dan misi perusahaan, lingkungan kerja serta target yang dipatok perusahaan untuk beberapa bulan atau tahun ke depan.

Lewat jawaban yang dilontarkan HR ini Anda bisa langsung menimbang dan menilai apakah tempat tersebut cukup kompeten atau sebaliknya. Pastinya hal ini menjadi pertimbangan utama agar Anda tidak salah pilih tawaran untuk pekerjaan yang baru.

2. Fasilitas yang Diberikan

Tidak kalah penting untuk Anda mengetahui apa saja fasilitas atau benefit yang Anda peroleh dari perusahaan yang memberi Anda peluang untuk suatu pekerjaan. Satu dari banyak fasilitas yang harus Anda tanyakan sebelum mengambil tawaran kerja di suatu perusahaan yakni apakah perusahaan tersebut memberikan fasilitas kesehatan atau tidak?

Apabila fasilitas yang mereka tawarkan tidak cukup menarik serta tidak dapat mendukung pekerjaan Anda, bisa disimpulkan perusahaan tersebut memang bukan yang terbaik bagi Anda atau memang tidak cocok antara satu sama lainnya.

3. Negosiasi Gaji

Kebanyakan perusahaan biasanya tidak langsung memberitahu kepada calon karyawan mereka bahwa jumlah gaji atau upah yang ditawarkan masih bisa dinego. Maka dari itu janga sampai membuang kesempatan tersebut untuk bertanya apakah Anda dapat melakukan nego terhadap gaji yang ditawarkan. Jika Anda mempunyai segudang pengalaman dan bisa meningkatkan nilai jual Anda bagi perusahaan tersebut, besar kemungkinan pihak perusahaan terkait akan menerima negosiasi upah Anda.

4. Keuntungan Lainnya

Akhir-akhir ini, penawaran gaji atau upah yang kompetitif dan fasilitas yang memadai dirasa tidak cukup untuk perusahaan supaya calon karyawan langsung menyetujui dan menerima tawaran kerja yang diberikan. Karena semakin banyak insentif yang ditawarkan, maka semakin menarik bentuk penawaran yang diberikan.

Sebagai calon pegawai baru, sudah menjadi hak Anda untuk bertanya seputar tunjangan lain diluar dari gaji pokok, misalnya tunjangan lembur atau tunjangan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat bertanya soal waktu kerja sehari-hari, pelatihan yang diberikan oleh perusahaan, sampai peluang karyawan mendapatkan promosi.

5. Menekankan Seputar Job Desk

Dengan mengetahui dan bertanya seputar job desk Anda dengan jelas bisa menghindarkan Anda bekerja lebih dari kata wajar atau over work. Pastinya, siapapun orang yang bekerja tentu tidak mau bila kemampuan Anda malah digunakan dan dimanfaatkan seenaknya oleh perusahaan.

Maka dari itu, sebelum Anda menerima sebuah pekerjaan baru di suatu perusahaan. Tanyakan oleh HR serta ketahui secara jelas job desk Anda, hal ini agar Anda terhindar dari culture shock. Sikap tersebut tidaklah salah, namun Anda Harus menjadi individu yang cerdas yang mana harus mempertimbangkan kesehatan, kemampuan, serta jumlah gaji yang telah disepakati sebelumnya, dan yang paling penting agar Anda tidak overwork yang bisa menyebabkan stres.

6. Kontrak Kerja

Kontrak kerja juga menjadi hal yang tidak boleh Anda lewatkan, karena bagian ini menjadi yang paling vital. Karena ketika Anda sudah masuk kerja dan bergabung dalam perusahaan tertentu. Semua hal yang dilakukan akan mengacu dengan kontrak kerja yang sudah disepakati di awal.

Mempunyai perjanjian sangat penting adanya supaya perusahaan tidak mengambil kembali semua tawaran yang mereka berikan. Tidak hanya itu, sifat perjanjian tertulis jauh lebih mengikat dibanding perjanjian lisan.

7. Kompensasi Lainnya

Terdapat beberapa perusahaan yang mau memberi bonus ke pegawainya sebagai bentuk kompensasi atau insentif tertentu, misalnya memberi tanggung jawab tambahan hingga kenaikan gaji sesuai kinerja. Pada bagian ini Anda dapat mencari tahu apakah ada bonus yang bisa diperoleh di luar gaji pokok serta tunjangan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan.

Leave a comment

Your email address will not be published.