Tanda Kamu Memiliki Personal Boundaries yang Lemah

Personal boundaries bisa diartikan sebagai sebuah aturan atau batasan yang memang sengaja diterapkan bagi masing-masing personal atau individu untuk bisa menjaga dirinya sendiri dari hal-hal buruk yang ada di lingkungannya. 

Tetapi hal ini bukan bermaksud untuk menyendiri atau menjauhkan diri dari orang lain hanya saja batasan tersebut berfungsi sebagai jarak aman bagi ruang privasi agar nantinya tidak diganggu oleh orang lain, bisa juga sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi dirimu tidak kehilangan kuasa atau kontrol.

Tanda jika personal boundaries kamu lemah

Namun, pada kenyataannya Masih banyak orang yang belum memahami betapa pentingnya membuat batasan diri dengan lebih jelas di dalam kehidupan sosial. Karena itu ada baiknya kamu mengetahui apa saja tanda-tanda jika kamu merupakan seseorang dengan personal boundaries yang lemah, berikut di bawah ini adalah beberapa tanda tersebut :

1. Terlalu membuka diri

Tanda bila kamu merupakan seseorang dengan personal boundaries yang lemah adalah terlalu mudah untuk membuka diri termasuk kepada orang-orang yang baru dikenal. Biasanya kamu juga akan gampang sekali menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan masalah pribadi.

Ada baiknya kamu yang memiliki sifat seperti ini, hentikan. Jangan menjadi seorang yang dengan mudah mengumbar masalahmu ataupun orang-orang di sekitarmu. Sebab jika mereka yang kamu ceritakan adalah orang yang tidak bertanggung jawab, tentunya mereka akan mencari celah untuk masuk ke kehidupanmu dan memanfaatkan dirimu.

2. Tidak berani berpendapat

Banyak yang mengatakan bila orang dengan tipe introvert merupakan sosok yang tidak bisa berpendapat atau tidak berani mengeluarkan isi hatinya, padahal belum tentu seorang introvert seperti itu. Berbeda ketika mereka merupakan seseorang dengan personal boundaries yang lemah.

Dimana selalu berpikiran bahwa jika ia mengutarakan pendapatnya sudah pasti tidak akan didengarkan. Padahal akan lebih baik bila kamu yang memiliki persona boundaries seperti ini, berusahalah untuk belajar mengemukakan apapun yang ada di dalam isi hatimu supaya menjadi lebih berani dan memiliki kepribadian yang kuat.

3. Tidak bisa menolak permintaan

Ketidaksanggupan untuk mengatakan ‘tidak’, juga termasuk tanda apabila kamu mempunyai personal boundaries yang lemah. Biasanya mereka yang seperti ini, kebanyakan adalah orang-orang yang selalu merasa dirinya memang pantas diperlakukan seperti itu.

Padahal sebenarnya kamu bisa menolak secara tegas apabila permintaan yang disampaikan tidak sanggup kamu lakukan. Tetapi biasanya mereka dengan personal boundaries yang lemah seperti ini berpikir jika tidak melakukan permintaan tersebut maka dirinya akan ditinggalkan.

4. Tidak memiliki waktu bagi diri sendiri

Di saat kamu tidak bisa menolak apapun permintaan orang yang kamu anggap sebagai pasangan, teman ataupun rekan kerja tadi. Tentunya hal ini membuat kamu jadi tidak memiliki waktu untuk dirimu sendiri.

Bersikaplah egois serta lakukanlah apapun yang memang kamu ingin lakukan, jangan selalu mengatakan ‘iya’ pada permintaan orang lain karena sebenarnya mereka masih bisa melakukan hal tersebut sendiri.

5. Membiarkan orang lain mengatur dirimu

Terlalu membiarkan orang lain yang mengatur kehidupanmu juga merupakan salah satu tanda bahwa personal boundaries kamu terlalu lemah. Ketika kamu tidak bisa memberikan batasan interaksi antara orang lain dengan dirimu maka mereka bisa berbuat seenaknya.

Contohnya dengan sudah tidak lagi segan untuk mengendalikan serta mendikte segala hal yang kamu lakukan. Misalnya kamu ingin membeli sesuatu namun orang-orang ini mengatakan bahwa kamu tidak seharusnya beli itu, daripada membeli barang tersebut lebih baik membelikan mereka makanan atau hal lainnya.

Apabila kamu sudah masuk pada fase ini di mana sudah tidak bisa lagi memegang kuasa atau mengontrol apa yang kamu inginkan sampai mereka bisa mendikte kamu, maka ini bisa diartikan bahwa kamu sudah didominasi oleh orang lain.

Padahal kamu harus tahu gimana batasan mereka bisa ikut campur dan yang tidak, hidupmu adalah milikmu sepenuhnya jadi kamu harus menegaskan kepada orang di sekitarmu bahwa mereka tidak bisa melakukan atau memaksakan hal-hal yang tidak kamu sukai kepada dirimu.

6. Menjalin hubungan tidak sehat

Hubungan toxic atau tidak sehat yang dimaksud adalah tidak cuma dari pasangan saja tetapi dari lingkungan pertemanan dan juga keluarga. Adanya hubungan seperti ini tidak sepenuhnya salah mereka, namun kamu juga memiliki energi yang menarik siapapun orang-orang di sekitarmu untuk memanfaatkan serta mengendalikan dirimu.

Dan ketika mereka mulai ada di dalam kehidupanmu, orang-orang ini berusaha untuk bisa ada di dekat kamu memanfaatkan, mengendalikan hingga memanipulasi dirimu hingga kamu merasa bahwa apa yang mereka lakukan merupakan satu hal yang sudah seharusnya.

Padahal hubungan yang sehat itu adalah memberikan dukungan dalam segala hal, membantu ketika memang kamu membutuhkan, sampai dengan mereka tidak akan mencoba menyakiti kamu dalam bentuk apapun.

Nah, itulah tadi 6 tanda yang memberitahukan apabila kamu ternyata mempunyai personal boundaries yang terbilang lemah, apabila kamu menemukan tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas dalam dirimu. Ada baiknya kamu mulai untuk berbenah diri, buatlah personal boundaries kamu menjadi kuat agar kamu sendiri mengetahui apa saja batasan yang orang boleh masuk dan yang tidak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *