Hasilkan Uang dari Personal Blog 2021 Untuk Pemula

cara memonetisasi blog

Personal blog tidak cuma buat nulis nulis iseng. Kalau ditekuni, blog pribadi bisa datangkan cuan. Baik dari adsense, endorsement dan lain lain. Lumayan buat tambahan penghasilan, terlebih dimasa pandemi.

Tapi perlu diperhatikan bahwa untuk memonetisasi alias hasilkan uang dari blog, apalagi kalau ingin untung dalam jangka panjang, tidak bisa asal asalan membuatnya. Anda harus membangun blog sebagus mungkin.

Baik dari desainya yang indah dan ramah pengguna, hingga menyajikan konten bermanfaat bagi pembaca, namun tidak terbatas pada hal ini. Jika berhasil membuat blog berkualitas tinggi, niscaya bisa hasilkan uang dari sana. Bahkan untuk jangka panjang, usaha tidak khianati hasil. 

Berikut ini cara membuat blog kualitas bagus dan cara memonetisasi blog anda. Anda bisa memulainya pertama kali dengan memilih salah satu platform terbaik seperti Joomla, Blogspot, magento, Drupal atau bisa pilih WordPress. 

1. Pilih platform

Sebagai saran, anda bisa gunakan WordPress. Alasanya, kualitasnya bagus, mudah dioperasikan bahkan untuk pemula dan gratis pastinya. Cara membuat blog bisa dipelajari gratis dan otodidak di internet.

Disini, anda dianggap sudah berhasil membuat blog. Mengenai perbaikan dan perkembangan teknis bisa dilakukan sambil jalan. Asalkan fitur dasar untuk operasional blog standar sudah tersedia, anda sudah siap ngeblog. Nantinya blog bisa dioptimalkan nanti.

2. Mengisi konten

Sekarang tinggal mengisi blog dengan konten berkualitas dan bermanfaat bagi target pembaca blog anda. Usahakan topik yang diangkat sesuai minat. 

Contohnya kalau anda hobi main game, anda bisa membuat artikel bertema permainan. Atau hobi berkebun, anda bisa membuat tulisan di blog seputar hobi anda tersebut. Sajikan artikel  selengkap mungkin informasinya serta, dengan bahasa yang gampang dicerna.

Tulisan dilarang plagiat, hanya membuat blog anda buruk, susah dapatkan uang. Jangan lupa tambahkan visual menarik untuk mendukung tema artikel dan mempercantiknya.

Di tahap ini anda sudah membuat dan menerbitkan artikel di blog anda, tinggal menunggu pembaca. Gunakan teknik SEO agar konten dan blog lebih mudah ditemukan saat orang mencarinya di google atau mesin pencari lain.

cara memonetisasi blog

3. Terapkan teknik SEO

Teknik SEO sendiri tidak sekejap lantas membuat blog anda berhasil ranking pertama di google. Butuh waktu tak sebentar untuk mempelajari teknik ini, terlebih bagi pemula. 

Meski kelihatannya susah belajar SEO, tapi fungsinya sangat penting. Menyangkut tingkat keterbacaan blog anda. Konten dengan SEO punya potensi keterbacaan tinggi, dengan demikian viewers juga meningkat dan dengan begitu, terbuka lebar peluang hasilkan uang dari blog.

4. Promosi lewat sosial media

Jangan lupa promosikan personal blog anda di beberapa tempat. Seperti di facebook, youtube, kaskus, instagram dan di platform lain. Cara ini membuat blog makin dikenal. Rajinlah buat artikel dan menerbitkanya. Stok konten juga lebih banyak lebih baik.

Mengenai cara peroleh uang dari personal blog, anda bisa menggunakan beberapa tips. Seperti menggunakan layanan google adsense, afiliasi, endorsement, bahkan bisa menjual jasa dan produk anda atau milik orang lain di blog anda. 

Itulah cara hasilkan uang dari blog 2021. Bisa melalui berbagai cara tersebut diatas. Namun bagi pemula, sebaiknya membangun dulu blog dengan kualitas bagus sebelum memikirkan hasil.  Buat dulu blog unggulan.  Baik desain maupun konten harus sebagus mungkin. 

Jika blog lengkap dengan konten sudah dioptimasi, maka bisa mulai menghasilkan uang. Bisa jadi ngeblog menjadi salah satu solusi untuk tambah penghasilan di tengah krisis ekonomi akibat pandemi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *