Sejarah Bank Digital di Dunia

bank digital

Setiap tanggal 1 April selalu ada perayaan yang dirayakan untuk memperingati hari Bank sedunia. Di tahun ini, hari Bank sedunia juga diperingati bisa melihat kembali dunia perbankan yang sudah membantu dunia bergerak ke arah yang lebih baik. Dunia perbankan sangat perlu disebutkan untuk perubahan kehidupan manusia, sebab dengan hadirnya bank digital ini membawa banyak  hal positif yang dapat diraih masyarakat. 

Dari yang masih berupa mainstream banking sampai era digital,  hampir seluruh orang bisa merasakan semuanya. Dari yang semula hanya tempat menyimpan uang, menjadi lebih aman, wadah menabung untuk penggunaan di masa depan, sampai saat ini dapat menjadi salah satu tempat investasi dan kenyamanan besar bagi penggunanya di dunia perbankan sebab kehadiran bank sangat membantu.

Saat ini bagaimana kiprah untuk perkembangan layanan perbankan sampai memasuki era digital yang memudahkan nasabah lama menjadi nasabah baru? Simak pembahasan sejarah dari Bank digital berikut ini. 

Transformasi bank menggunakan teknologi dalam layanannya 

Sebagaimana dijelaskan di atas, layanan perbankan  hanya digunakan untuk menyimpan uang. Ketika tidak ada bank, semua orang menyimpan uang mereka di rumah dan kemudian masalah  seperti pencurian atau masalah lain  yang sangat mengganggu bisa muncul. 

Namun, seiring berjalannya waktu, bank pasti akan meningkatkan kualitas layanannya untuk memudahkan nasabah dan sekaligus menjaring nasabah baru atas kesediaannya menabung di bank. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan  teknologi sebagai media inovatif setiap tahunnya. Meskipun tidak seluruh teknologi dapat digunakan untuk bidang perbankan, namun masih ada sejumlah teknologi lain yang nantinya akan diterapkan pada dunia perbankan dengan hasil yang memuaskan. 

Dulu, siapa pun yang ingin mentransfer uang harus mencari ATM yang terdekat. Namun, saat ini semuanya dapat dilakukan cuma dengan menggunakan smartphone  di tangan. Ya, aplikasi mobile merupakan produk unggulan di dunia perbankan, selalu dengan tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Keunggulan bank digital 

  • Layanan Keuangan Online 

Kehadiran layanan bank digital ini  hampir banyak mengubah dunia perbankan. Sebelumnya transaksi keuangan memerlukan persetujuan petugas bank, namun saat ini hal tersebut tidak lagi diperlukan. Dari transfer ke aplikasi pinjaman, layanan keuangan sekarang bisa disediakan sepanjang waktu. 

Seluruh layanan perbankan dapat digunakan dengan mudah dan cepat serta dari mana saja. Bayangkan nasabah tidak harus lagi mengantri di ATM dalam waktu lama untuk hanya mentransfer uang atau membayar ini atau itu. Hanya dengan menabung secara digital, seluruh transaksi keuangan dapat dilakukan hanya dari smartphone Anda menggunakan aplikasi yang sudah di download di smartphone.

  • Pembayaran lebih efisien

Bank digital menjadi semakin populer di sini karena menjadi salah satu proses pembayaran menjadi lebih nyaman. Dulu kalau proses pembayaran harus ambil uang dulu baru sampai ke tempat setoran, tidak lebih. Anda hanya perlu mempunyai nomor rekening penagihan yang perlu dibayar, cukup edit di aplikasi dan akan selesai dalam beberapa menit. 

Pembayaran yang nyaman ini bisa digunakan untuk banyak hal. Mulai dari bayar listrik, belanja online, transfer uang ke keluarga atau anak, hingga pembelian pinjaman yang lebih mudah. Biaya sekolah  sudah bisa dibayar secara online. Juga transaksi di berbagai titik penjualan di mana Anda dapat melakukan pembelian atau kopi melalui bank digital. Prosesnya sederhana dengan memindai kode batang yang  disediakan.

  • Suku bunga tabungan yang menarik 

Memakai layanan perbankan digital memungkinkan Anda untuk menghemat tarif dengan lebih banyak. Sebab bank digital tidak lagi harus menanggung biaya administrasi kantor yang dilakukan secara  konvensional. 

Konversi anggaran pemeliharaan gedung ini digunakan untuk memberikan kepada pelanggan tingkat bunga yang cukup tinggi dan lebih kompetitif. Walaupun begitu, jumlah yang akan diberikan tidak melebihi batas yang ditetapkan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga simpanan dijamin oleh pemerintah.

  • Biaya administrasi yang kompetitif 

Selain berbagai kemudahan untuk para pengguna layanan digital banking, nasabah juga mendapatkan keringanan lainnya dalam bentuk biaya bulanan yang lebih sedikit. Bahkan banyak juga yang memberikan gratis biaya administrasi untuk masing-masing nasabah pengguna tabungan digital. 

Pengurangan biaya administrasi tersebut adalah hasil dari penghapusan kantor dan anggaran pemeliharaan kantor yang biasa ditanggung oleh manajemen bank. Selain bebas biaya administrasi, ada juga yang memberikan gratis atau bebas biaya transaksi.

  • Transaksi real-time 

Layanan perbankan digital ini memberikan transaksi seketika atau real-time. Proses ini berarti Anda tidak lagi memerlukan banyak uang tunai di dompet Anda. Anda juga dapat mengecek transaksi dan akun Anda secara real time. Banyaknya manfaat tabungan digital menjadi peluang yang tidak boleh dilewatkan. Oleh karena itu, kini Anda dapat membuka rekening secara online  dengan cepat dan mudah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *