Kelebihan Pinjaman Online Dibanding Pinjaman Bank

pinjaman online

Sebelum mengajukan pinjaman, perlu diketahui keunggulan dan kekurangan dari pinjaman online. Berbeda dengan pinjaman di bank biasanya, pinjaman online bisa dilakukan dengan cepat dan mudah hanya menggunakan smartphone saja, Anda dapat mendownload aplikasinya di App Store dan Play Store. 

Pinjaman online ini hanya bisa dilakukan secara online. Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi di ponsel cerdas Anda dan mengirim foto ID Anda, foto selfie dengan ID Anda, serta berbagai data pendukung lainnya. Pembayaran biasanya dilakukan dalam waktu 2 x 24 jam setelah permohonan disetujui. 

Namun, Anda perlu berhati-hati saat memilih pinjaman fintech  online. Pilih fintech pinjaman online yang sudah terpercaya dan sudah terdaftar dalam OJK untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya, Anda juga harus mempertimbangkan pro dan kontra pinjaman online sebelum mengambil keputusan untuk melakukan pengajuan pinjaman online. Untuk itu, mari simak ulasan berikut ini. 

Kelebihan menggunakan pinjaman online 

Terdapat banyak keunggulan yang bisa Anda peroleh jika menggunakan pinjaman online. Misalnya, proses yang lebih efisien, syarat dan ketentuan yang sederhana, serta pembayaran dana yang cepat. Ketiga manfaat ini hanya tersedia untuk  pinjaman online fintech kredibel yang  telah mendapatkan persetujuan OJK. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan tentang manfaat pinjaman online.

  • Proses mudah dan efisien

Tidak perlu pergi kantor hanya untuk melakukan pengajuan pinjaman. Sekarang Anda bisa mengajukan pinjaman dengan smartphone Anda. Aplikasi ini gratis untuk  diunduh dari App Store dan Play Store dan yang Anda butuhkan hanyalah kuota internet saja. 

Ketika ini melakukan pengajuan pinjaman, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dan memberikan data atau dokumen ke pemberi pinjaman. Sebagian besar platform tidak memerlukan wawancara kantor pusat atau kunjungan lokasi agar aplikasi Anda dapat diterima. Fintech akan memverifikasi seluruh data Anda hanya dalam jangka waktu 2 x 24 jam sebelum keputusan diambil apakah aplikasi Anda akan diterima.

  • Pencairan dana lebih cepat 

Pinjaman online bisa menjadi sebuah solusi untuk Anda yang sedang memerlukan uang tunai di keadaan yang mendesak. Hal tersebut karena dana bisa ditarik dengan mudah dalam waktu singkat. Setelah permintaan Anda diterima, uang akan ditransfer langsung  ke rekening. 

Agar dana bisa segera diberikan, pastikan Anda sudah memenuhi seluruh persyaratan dan data atau dokumen tanpa melewatkan satu pun. Agar pengajuan bisa langsung disetujui dan dana bisa digunakan untuk keperluan mendesak.

  • Persyaratan mudah 

Kemudahan dalam melakukan pengajuan pinjaman online juga dikarenakan syaratnya yang sederhana. Anda tidak memerlukan aset apapun untuk dijadikan agunan atau agunan, dan Anda juga tidak memerlukan kartu kredit sebab biasanya pinjaman online hanya membutuhkan file pribadi seperti slip gaji, NPWP dan KTP saja. 

Kekurangan menggunakan pinjaman online 

Meskipun ada banyak keuntungan, pinjaman online juga ternyata memiliki kekurangan. Kekurangan dari pinjaman online ini dapat ditemukan di sistem bunga, batas kredit dan jangka waktu pengembalian. Sebagai bahan pertimbangan perhatikan kekurangan dalam pinjaman online berikut ini.

  • Bunga yang tinggi 

Beberapa pinjaman online memiliki sistem bunga harian yang hingga 0,8% setiap hari. Metode suku bunga ini tidak akan menjadi beban bagi mereka yang memilih jangka pendek, namun sebaliknya bagi mereka yang memilih jangka panjang. Untuk itu, Anda harus menghitungnya terlebih dahulu agar tarif tidak naik terlalu tinggi sehingga memberikan tekanan pada keuangan Anda. Selain itu, ada risiko denda jika Anda terlambat bahkan tidak bisa membayarnya. 

  • Jumlah pinjaman terbatas 

Untuk menghindari risiko yang besar jika nasabah tidak bisa membayar cicilan, pinjaman online hanya menawarkan limit kredit yang terbatas, yakni hanya puluhan juta. Hal ini bisa jadi cukup menyulitkan bagi Anda sedang memerlukan puluhan juta rupiah. 

Beda jika Anda mengajukan pinjaman di bank. Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jumlah yang besar. Namun, hal tersebut tentu saja bisa Anda lakukan jika memberikan agunan atau jaminan. Jika Anda tidak bisa membayarnya, maka barang atau properti yang Anda jadikan sebagai jaminan akan disita oleh pihak bank. 

  • Tenor yang singkat 

Anda dapat memilih jangka waktu pelunasan  sesuai dengan kemampuan Anda. Jangka waktu pelunasan maksimal lebih pendek, namun maksimal 6 bulan. Bahkan, ini sudah cukup bagi Anda untuk mendapatkan pengembalian dana, mengingat Anda harus membayar bunga  setiap angsuran setiap hari sehingga memilih jangka waktu yang tepat akan menjaga finansial Anda dalam keadaan sehat.

Setelah melihat pembahasan mengenai keunggulan dan kelemahan dari pinjaman online ini, apakah Anda tetap ingin mengajukan pinjaman online atau ingin mengajukan pinjaman di bank? Pertimbangkan kembali jika Anda berminat untuk melakukan pinjaman online maupun di bank karena masing-masingnya memiliki resiko. Jangan lupa juga untuk memilih lembaga keuangan pinjaman online yang sudah terpercaya dan terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *