Apa Kelemahan Sistem Kerja Work From Home?

work from home

WFH atau work from home adalah sebuah konsep yang mana seorang karyawan perusahaan tertentu bisa melakukan pekerjaan dari rumah. Sebenarnya dengan bekerja dari rumah bisa membuat seorang karyawan memiliki jam kerja lebih fleksibel serta tidak mengikat dengan aturan 6 sampai 9 jam.

Work from home ini nyatanya juga dapat membantu karyawan menyeimbangkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari dengan dunia kerja. Bekerja dari rumah juga diklaim bisa membuat pekerjaan yang dilaksanakan lebih efektif, efisien dan selesai lebih cepat.

Walaupun Presiden Indonesia sudah menginstruksikan para masyarakatnya untuk bekerja di rumah, tapi masih saja ada beberapa perusahaan yang tetap mempekerjakan karyawan mereka, termasuk sektor bisnis Ritel, F&B, dan Servis. Namun perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai alasan tersendiri mengapa tidak mempekerjakan karyawannya di rumah. Terdapat beberapa kelemahan pada sistem Work From Home. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

1. Kehilangan Motivasi Kerja

Terlepas dari kelebihan atau keuntungan menerapkan sistem WFH juga terdapat kelemahan yang tidak bisa dipungkiri, yang mana kerugian tersebut bisa saja timbul. Salah satu kerugian dari penerapan sistem WFH yakni  seorang karyawan bisa kehilangan motivasi dalam bekerja. Alasannya lumayan beragam, seperti tidak mendapatkan mood kerja pada umumnya orang bekerja di kantor, suasana didalam rumah tidak mirip seperti kantor, terganggu oleh sosial media serta hiburan lain dan masih banyak lagi.

Saat Anda kehilangan motivasi dalam bekerja, alangkah baiknya Anda untuk beristirahat sejenak serta tidak terlalu memaksakan diri. Jika Anda tetap memaksakan diri, alhasil mood untuk menyelesaikan pekerjaan akan semakin menurun.

2. Biaya Internet dan Listrik di Rumah Membengkak

Saat bekerja di kantor, tentu pihak perusahaan yang akan menanggung seluruh biaya listrik atau internet dan itu semua sudah difasilitasi oleh perusahaan itu sendiri. Tapi, lain halnya saat Anda bekerja dari rumah, sebab kemungkinan tagihan internet dan listrik akan lebih besar dari biasanya sebab digunakan terus menerus. Agar bisa meminimalisir kerugian WFH satu ini, alangkah baiknya Anda sudah menyiapkan dana khusus untuk menutupi itu semua.

3. Menimbulkan Masalah Keamanan Data

Apabila koneksi internet Anda dirumah sangat lambat. Dalam kondisi tertentu, biasanya orang-orang akan memakai akses internet di luar rumah atau are publik. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati. Usahakan untuk tidak memberikan nomor ponsel atau alamat email saat akan mengakses internet gratis di area publik sebab bisa menyebabkan masalah keamanan data pribadi.

Di sisi lain, saat sedang WFH, kuncilah laptop Anda selalu serta berhati-hati saat membuka dokumen atau saat ingin memasukkan kata sandi.

4. Komunikasi Tidak Selancar Ketika Bekerja Di Kantor

Idealnya, melakukan meeting dilakukan langsung secara tatap muka di sebuah ruangan khusus. Namun, saat menjalankan WFH, jalan satu-satunya para karyawan hanya mengandalkan platform digital yang bisa digunakan untuk komunikasi sesama rekan kerja.

Berbagai macam kendala sering terjadi antara karyawan satu dan lainnya ketika melakukan meeting via online. Mulai dari naik turunnya sinyal internet membuat meeting menjadi tidak efektif, belum lagi kehilangan fokus yang mana seorang karyawan tidak jarang mendapatkan gangguan dari anak yang masih dibawah umur karena mau tidak mau dia sedang berada dirumah jadi gangguang-gangguan seperti  ini kerap terjadi.

5. Stres yang Timbul dari Tuntutan Pekerjaan

Saat meminta para karyawan bekerja dari rumah, itu tidak berarti pihak perusahaan melepas karyawannya begitu saja. Sebagian perusahaan ada yang meminta setiap karyawannya untuk menuliskan list yang dikerjakan setiap harinya, kemudian menuli output-nya saat pekerjaan telah diselesaikan supaya lebih mudah untuk di track.

Sistem ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pebisnis agar tetap bisa memantau kinerja para karyawan meski dari jarak jauh.

Supaya menghindar dari kerugian WFH lainnya yakni sebagai pemilik suatu bisnis, Anda bisa memberi informasi secara terang-terangan terkait kondisi usaha saat ini. Sampaikan kepada seluruh karyawan bahwa perusahaan sedang memerlukan dedikasi serta kerja sama yang baik supaya kondisi bisnis tetap dalam jalur yang tepat.

6. Tidak Seluruh Pekerjaan Bisa dilakukan Secara WFH

Nyatanya, tidak seluruh perusahaan bisa menerapkan sistem work from home, seperti aturan yang dilayangkan oleh pemerintah. Misalnya Anda mempunyai kedai kopi, pastinya tidak mungkin kedai kopi tersebut ditutup begitu saja, sebab hal ini hanya membuat pendapatan semakin menurun atau bahkan tidak bisa memperoleh pendapatan sepeserpun jika kedai kopi tersebut ditutup total.

Jika karyawan tetap masuk kerja, jangan lupa memperhatikan kebersihan serta menjaga kesehatan diri masing-masing. Ikuti anjuran yang diberlakukan dengan mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan lain sebagainya. Ada hal-hal yang perlu diterapkan supaya karyawan tetap bisa bekerja namun tetap aman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *