Atur Keuangan sebagai Generasi Sandwich, Ini Tipsnya

Kamu tentunya saat ini sudah tidak asing lagi dengan istilah generasi sandwich, karena memang ini sudah menjadi bagian dari kehidupan. Istilah ini sendiri sebenarnya menggambarkan sebuah kondisi keuangan pada satu generasi di mana mereka harus memikul beban finansial dari generasi sebelumnya dan di bawahnya. 

Pengertian dari Generasi Sandwich

Mari kita mulai dengan artinya. Apa sebenarnya generasi sandwich itu? Yang dimaksud dengan sandwich generation merupakan generasi pada kelompok usia antara 25-42 tahun dimana mereka harus menanggung beban keuangan gkamu. Generasi ini mempunyai tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keuangan diri mereka sendiri dan keluarga mereka jika mereka menikah dan orang tua mereka.

Mereka disebut generasi sandwich sebab generasi ini berada dalam situasi yang sulit. Mereka harus membagi pendapatan menjadi dua bagian, yakni untuk dirinya sendiri serta orang tua. Tentu saja, mereka yang menjadi bagian dari generasi sandwich perlu mengelola keuangan mereka sebaik mungkin. Apabila tidak ada manajemen yang tepat, menjadi sulit untuk mematuhi kedua level tersebut. 

Cara Mengelola Finansial Bagi Generasi Sandwich

Jadi, apa itu? metode pengelolaan keuangan yang direkomendasikan untuk generasi ini? Sangat penting untuk disadari bahwa generasi ini tidak boleh gegabah dalam hal keuangan. Mereka juga tidak boleh egois dalam menggunakan pendapatan mereka. Berikut beberapa cara efektif mengelola keuangan untuk generasi sandwich, yaitu :

  • Berkomunikasilah dengan keluarga

Langkah pertama adalah mengkomunikasikan kondisi ini kepada keluarga. Harus ada diskusi dengan keluarga, baik dengan orang tua maupun dengan istri atau suami. Sangat penting untuk mendiskusikan dengan istri atau suami jumlah uang yang akan diberikan kepada orang tua. Ingatlah bahwa jika kamu sudah menikah dan memiliki keluarga, prioritas utamamu tetaplah keluargamu sendiri. 

  • Carilah penghasilan tambahan

Sangat dianjurkan untuk meningkatkan sumber penghasilan. Jika Kamu seorang karyawan dan mendapatkan gaji tetap, cobalah pekerjaan sampingan. Selain itu, Kamu juga akan melihat peluang passive income. 

Kamu dapat melakukan investasi seperti saham dan reksa dana. Selain itu, perhatikan juga apakah ada aset orang tua yang bisa dijadikan passive income, seperti rumah yang disewakan. Atau mungkin sebidang tanah yang nantinya bisa kamu bagun kos-kosan atau kontrakan.

  • Bagilah pos-pos keuangan sesuai kebutuhan

Tetapkan rasio yang tepat dan pastikan sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Jika perlu, buat rekening lain, sehingga penghasilan kamu dapat langsung disetorkan dalam proporsi yang sesuai. Metode ini akan sangat membantumu untuk melanjutkan tugas sebagai generasi sandwich. 

  • Prioritaskan yang dibutuhkan

Penting untuk selalu membuat daftar prioritas. Tentukan mana yang paling penting yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Ingatlah bahwa kebutuhan pribadi harus didahulukan, terutama jika kamu sudah menikah. 

Kemudian Kamu dapat berbicara dengan orang tua dan saudara untuk membantu kamu mengatasi masalah keuangan ini sehingga kamu tidak perlu menunda kebutuhan dasar yang memang diperlukan untuk diri sendiri. 

  • Persiapkan dana darurat

Meskipun kamu seorang generasi sandwich, Kamu harus dapat memastikan bila memiliki dana darurat. Ingat bahwa dana darurat ini harus selalu dimasukkan dalam rencana alokasi pendapatan bulanan. 

Dana darurat diperlukan agar nantinya kamu bisa menghadapi segala rintangan, bahkan yang terburuk sekalipun. Sebaiknya kamu tidak menggunakan dana tersebut bila tidak dalam kondisi tertentu.

Cara Mengatasi Tentang Generasi Sandwich

Menjadi generasi sandwich tidaklah mudah. Tentu saja, Anda harus bisa dengan bijak dan lapang dada menerima bahwa Anda memiliki dua keluarga untuk dinafkahi. pemahaman tentang generasi sandwich : apa itu, bagaimana kamu harus mengelola keuanganmu dan mengambil tindakan yang tepat untuk menghadapinya juga akan membantu Anda mengatasi kondisi ini. 

Supaya posisi tersebut tidak membuatmu stres, berikut beberapa sikap yang bisa kamu terapkan sebagai generasi sandwich:

  • Selalu disiplin dalam pengelolaan finansial

Pertama, kunci terpenting yang harus disadari oleh semua generasi sandwich, yaitu disiplin dalam mengatur keuangan. Terapkan metode pengelolaan keuangan yang dibahas di atas. Jangan ceroboh dan mudah tergoda untuk menggunakan uang terlalu banyak untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Self-reward tentu saja, tapi jangan berlebihan. 

  • Milikilah asuransi

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan asuransi. Mempunyai asuransi sekarang bisa menjadi langkah yang tepat untuk menjaga keamanan keuanganmu di masa depan. Dengan adanya asuransi juga dapat membantu memperkuat manajemen keuangan kamu sehingga akan lebih menguntungkan di masa mendatang.

  • Harus memutus rantai dari generasi sandwich

Jika kamu saat ini termasuk dalam generasi sandwich, kamu harus berusaha memutus rantai tersebut. Tujuannya adalah supaya anak dan cucu atau keturunanmu tidak perlu merasakan beban yang sama dengan kamu. Karenanya mempunyai dana pensiun dan simpanan darurat sangat penting. 

Demikianlah tadi sekilas informasi mengenai generasi sandwich, apa yang dimaksud dengan generasi sandwich, cara mengelola keuangannya dan bagaimana kamu harus menyikapinya supaya tidak membuatmu menjadi stres. Jangan lupa untuk membicarakan hal tersebut dengan keluargamu, misalnya pasangan, orang tua atau saudara agar mereka juga bisa membantu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *