Bekerja Sesuai Passion? Baik Atau Buruk?

Bekerja Sesuai Passion? Baik Atau Buruk?

Setelah Anda berhasil untuk menyelesaikan pendidikan, Anda tentu akan menentukan bagaimana langkah berikutnya. Sebagian dari lulusan tersebut pastinya mulai mengirimkan lamaran dan sebagian lainnya berpikiran untuk merintis usaha. Namun, apa pun yang Anda pilih tentunya harus dilakukan dengan perasaan yang bahagia. 

Anda pastinya tidak asing dengan sebuah ungkapan, jika bekerja yang sesuai dengan passion merupakan impian banyak orang. Bila diibaratkan seperti melakukan hobi, namun Anda mendapatkan bayaran. Tentunya hal ini akan sangat menyenangkan bila memang bisa dilakukan.

Bila Anda saat ini sedang bingung untuk menentukan pilihan karier, apakah Anda akan menekuni passion ataukah melakukan pekerjaan seperti pada umumnya dilakukan oleh banyak orang, sekalipun bukan minat Anda? Berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Menjadikan kepribadian Anda lebih baik

Tentunya ada banyak pelajaran untuk Anda dalam mempelajari sesuatu yang tidak berjalan seperti yang Anda inginkan dan harapkan. Begitu pula saat pekerjaan yang diperoleh tidak sesuai passion. Karena bila bisa bekerja sesuai minat memang akan lebih menyenangkan, tetapi Anda harus tahu bila bekerja diluar passion Anda dapat belajar banyak hal.

Salah satunya dengan melatih kesabaran dan berbesar hati. Anda harus ikhlas dalam menjalani pekerjaan apapun, karena dengan begitu segalanya akan terasa lebih mudah. Oleh sebab itulah Anda harus belajar bersabar.

Ketika Anda bekerja pada bidang yang tidak sesuai minat atau passion bisa melatih kemampuan Anda agar lebih bersabar. Dengan kemampuan melatih diri inilah, menjadikan Anda pribadi lebih baik dalam menangani masalah dalam kehidupan.

Pilihan menjadi tidak terbatas

Ikuti passion Anda mungkin bisa menjadi nasihat paling sering diucapkan seseorang pada orang lain saat mencari pekerjaan. Dimana tujuannya supaya masa depan menjadi lebih tertata serta terencana, sebab Anda akan lebih tahu mengenai apa yang disukai dan tidak disukai.

Anda nantinya akan menjadi lebih mudah dalam mencari pekerjaan, sebab Anda harus fokus kepada kategori pekerjaan tertentu. Tetapi, disisi lain nasihat yang menyuruh Anda untuk memilih pekerjaan sesuai dengan passion, malah bisa membuat pilihan profesi menjadi lebih terbatas.

Walaupun Anda memang sudah tahu serta suka pada suatu pekerjaan, tetapi belum pernah melakukan atau mencobanya supaya lebih yakin. Nyaman dan rasa suka tersebut mungkin hanya ada dalam kepalamu, padahal sebelumnya Anda tidak terlalu menyukai pekerjaan tersebut.

Karena itu bisa melepaskan diri dari zona yang membuat Anda nyaman serta memilih profesi di luar passion dapat mendapatkan keahlian yang tidak Anda ketahui atau karena rasa suka pada suatu pekerjaan makanya selama ini Anda tidak menyadarinya.

Dalam bekerja tidak selalu berdasarkan hati

Ketika Anda bekerja sesuai dengan passion akan terdengar menyenangkan, seperti Anda melibatkan cinta pada pekerjaan yang dilakoni. Namun, pada dasarnya pekerjaan tidak selalu memerlukan menggunakan hati, karena banyak yang harus dipertimbangkan saat memilih pekerjaan. Misalnya seperti teman kerja, upah sampai dengan jarak kantor dari tempat tinggal Anda.

Hingga nantinya Anda harus menempatkan logika selain perasaan dibandingkan menghitung hal-hal tersebut. Karena itu Anda harus memilih pekerjaan secara logika, supaya mampu menjalaninya dengan nyaman, walau ada rasa tidak suka.

Bekerja Sesuai Passion? Baik Atau Buruk?

Akan menjadi mudah beradaptasi

Hal yang bisa Anda hadapi saat memperoleh pekerjaan diluar passion, yaitu kehebatan Anda dalam beradaptasi pada lingkungan. Tidak cuma beradaptasi pada lingkungan serta teman-teman kerja, namun dengan pekerjaan Anda sendiri. Dimana bila pekerjaannya berbeda, maka berbeda pula keahlian juga kemampuan yang diperlukan.

Selain itu dengan Anda bekerja pada beberapa pekerjaan, hal tersebut Anda akan melatih diri sendiri untuk dapat melakukan begitu banyak hal serta beradaptasi secepatnya. Sebaliknya, ketika bekerja yang sesuai dengan passion terkadang akan menjebak Anda di zona nyaman walaupun tidak sadar.

Hal tersebut pastinya akan beresiko menjadikan kepribadian Anda tidak bisa berkembang. Kemudian, bekerja sesuai dengan passion akan berujung Anda menjadi terlalu nyaman dan bisa kehilangan peluang untuk lebih baik di kemudian hari.

Bekerja sesuai minat memberi potensi yang lebih besar mencapai kesuksesan 

Bila Anda percaya bahwa bekerja yang sesuai dengan passion akan memberikan pengaruh baik kepada kesehatan mental dan juga fisik. Pastinya akan membuat Anda memperoleh kepuasan tersendiri yang tidak tergantikan.

Ketika Anda mengerjakan segala sesuatu yang memang disukai, maka akan mempunyai peluang besar untuk menjadi sukses. Bahkan, jika hari-hari Anda dipenuhi dengan tantangan dan rintangan, akan tetap merasa senang melakukan pekerjaan seharian.

Karena memang seharusnya pekerjaan tidak cuma menjadi sumber penghasilan saja dan harus menjadi inspirasi untuk banyak orang. Faktanya, mayoritas orang akan bersusah payah untuk mencari tahu minat mereka serta tidak sedikit yang berhenti meraih mimpi, sebab menyerah sebelum mencoba.

Leave a comment

Your email address will not be published.