Buku-buku Tentang Pengembangan Diri yang Layak Dibaca

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bila buku merupakan jendela dunia. Dimana seseorang bisa  mempunyai kemampuan berpikir serta memahami  dirinya sendiri hanya karena buka yang dia baca, bahkan yang lebih kerennya lagi daya pikir orang-orang suka membaca buku itu sangatlah imajinatif.

Karena itu sangat disarankan bagi remaja zaman sekarang untuk lebih rajin membaca buku , tidak hanya tentang romansa saja. Namun, buku-buku yang dapat membuat Anda lebih mengenali diri sendiri dan dunia. 

Karenanya, berikut ini adalah beberapa buku yang cocok untuk dibaca oleh kaum millenial supaya dapat lebih mengenalu diri sendiri serta mengetahui apa yang menjadi tujuan hidupnya dan bisa memperoleh energi positif agar dapat meraih mimpinya.

Paulo Coelho dengan karyanya The Alchemist

Novel karya Paulo Coelho, seorang penulis asal Brazil ini adalah buku yang paling laris dan banyak dicari di dunia. Dalam karyanya, Paulo mengajak para remaja untuk bisa fokus ke tujuan yang paling ingin diraih, walau cobaan terus datang dengan godaan-godaannya yang menggiurkan.

Namun, Anda tetap harus berada pada tujuan utama. Buku The Alchemist ini memang cocok untuk Anda sekalian yang masih berusaha menggapai mimpi serta bisa dijadikan sebagai penyemangat disaat ada sebuah hambatan yang menghalangi langkah Anda.

James Clear dengan karyanya Atomic Habit

Satu hal yang harus dibangun sejak masih remaja, yaitu kebiasaan. Ada begitu banyak buku yang mengusung tema mengenai kebiasaan, namun sebenarnya isi dari semua buku tersebut sama saja. Yakni bagaimana caranya untuk membangun sebuah kebiasaan yang baik, dimulai dari bangun tidur sampai akan tidur lagi. Pada buku karya James Clear ini tidak hanya cara memunculkan kebiasaan baik saja, tetapi juga tertulis tentang cara untuk menghentikan kebiasaan jelek.

Michael H. Hart dengan karya The 100

Sesuai dengan judulnya, isi dari buku ini ada biografi singkat dari 100 orang berpengaruh yang ada di dunia, versi Michael H. hart.

Masa remaja memang masa-masa dimana Anda mencari jati diri, merupakan suatu hal yang lumrah seorang remaja mencari idola untuk dijadikannya contoh bereksplorasi. Rata-rata remaja zaman sekarang, khususnya putri pasti mengidolakan artis-artis dari negeri Ginseng, Korea Selatan.

Alasannya bukan hanya karena wajah mereka yang tampan, namun juga perjuangan untuk menjadi seorang idol di Korea itu tidaklah mudah. Nah, perjuangan inilah yang biasany membuat para fans bisa saling dukung satu sama lain.

Namun, bila Anda tidak mempunyai seseorang yang dijadikan role mode, mungkin bisa membeli buku karya Michael H. Hart ini dan membacanya hingga selesai. Siapa tahu, salah satu tokoh yang tertulis dalam buku bisa dijadikan panutan.

Mark Manson dengan karya Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Buku ini memang selalu jadi rekomendasi banyak orang bila Anda bertanya mengenai buku apa yang mempunyai tema tentang pengembangan diri. Walau buku ini adalah buku terjemahan, namun isi didalamnya sangatlah related dengan keadaan kebanyakan orang.

Buku ini sendiri dibuat oleh Mark Manson, beliau merupakan narablog terkenal dengan pembacanya yang sudah lebih dari 2.000.000. Buku ini membawa pesan bagi semua orang untuk tidak selalu memikirkan apa yang dipikirkan dan dikatakan oleh orang lain mengenai diri Anda. Jangan pula mudah dipengaruhi dengan hal-hal negatif hanya karena persepsi lingkungan sekitar.

Dale Carnegie dengan karya How to Win Friends and Influence People

Inti dari buku karangan Dale Carnegie ini adalah bagaimana cara agar dapat berteman dengan orang yang berpengaruh, walau memang budaya pada buku ini mempunyai perbedaan yang cukup besar dengan Indonesia. Namun, setidaknya bisa memberikan gambaran cara untuk berteman serta membangun jaringan sosial.

Dengan Anda memiliki kemampuan tersebut tentunya akan dapat membantu dalam berkomunikasi dilingkungan hingga di dalam dunia kerja. Meskipun dari setiap penjelasan yang ada seperti ada maunya, namun begitulah cara dunia ini berkerja.

Baca buku apa saja yang memang sesuai dengan bakat dan minat

Terakhir adalah membaca buku apa saja yang berkaitan dengan minat serta bakat Anda. Misalnya Anda memiliki minat pada bidang makeup, maka carilah buku-buku biografi tentang para MUA dunia. Bagaimana langkah awal mereka memulai karir hingga bisa menjadi sukses seperti saat ini.

Kemudian, bila Anda tertarik pada dunia hewan dan ingin menjadi seseorang yang bergelut dibidang tersebut, maka carilah buku-buku mengenai orang-orang yang memang sukses pada bidang terkait. Jadikan pengalaman yang ditulis pada buku seolah-olah menjadi pengalaman pribadi Anda.

Pada dasarnya, apa yang ada pada buku yang telah dibaca hanya akan memberikan dampak pada cara Anda berpikir dan menambah pengetahuan. Tetap apabila Anda ingin menjadi seseorang yang sukses dan berhasil meraih semua mimpi.

Maka hal utama yang wajib dilakukan adalah membuat semua itu menjadi nyata dengan bekerja keras. Karena bila hanya membaca saja, namun tidak dibarengi dengan action. Pengetahuan yang Anda dapatkan dari buku-buku tersebut akan sia-sia. Itulah mengapa Anda sering mendengar “jangan hanya pintar dalam berteori, namun prakteknya nol besar.”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *