Cara Membangun Personal Branding melalui Media Sosial

Cara Membangun Personal Branding melalui Media Sosial

Personal Branding selalu dikaitkan mengenai kemampuan seseorang dalam membangun sebuah keahlian, kepercayaan, serta nilai yang dapat dianggap menarik dan bagus oleh orang lain.

Personal branding dapat diartikan dengan suatu proses yang akan membentuk persepsi di masyarakat mengenai aspek-aspek yang terdapat didalam diri kita. Aspek-aspek tersebut dapat berupa kemampuan, kepribadian, ataupun nilai yang dapat digunakan untuk membangun persepsi yang positif di masyarakat.

Pentingnya akan personal branding yang ada didalam diri seseorang adalah untuk dapat dikenal oleh banyak orang , kemenarikan, dan telah memiliki karakteristik yang tentunya berbeda dari orang lain.

Menurut Frischmann dibukunya yang berjudul “Strategi Branding”, disebutkan bahwa setiap manusia pastinya memiliki brand yang telah melekat masing-masing individu. Personal branding dapat dikatakan juga sebagai aktivitas untuk membangunnya sisi profesionalitas seseorang untuk dapat berhadapan dengan orang lain, perusahaan , serta organisasi.

Selain itu dijelaskannya untuk pengertian lain dari personal branding itu adalah sebuah aktivitas atau sebuah strategi yang akan dipakai untuk mengubah akan cara pandang orang lain terhadap diri individu.

Setiap individu penting untuk membangun personal branding yang nantinya bertujuan untuk terciptanya hubungan yang baik dengan orang lain sekaligus dapat membangun kepercayaan antar sesame.

Personal branding tentunya dapat digunakan juga untuk mempertahankan dan memperkuat eksitensi diri sendiri. Beberapa aspek yang dapat mempengaruhi akan personal branding adalah gaya hidup, Pendidikan, dan tentunya perilaku setiap individu setiap harinya.

Cara Membangun Personal Branding melalui Media Sosial

Citra diri menurut Jeff Bezos adalah apa yang akan orang lain katakan disaat kamu tidak ada disekitar mereka. Maka dari itu pentingnya personal brand yang kegunaannya untuk dapat membedakan diri kamu dengan orang lain. disaat kamu memiliki sebuah citra yang kuat, kamu akan dapat dengan mudah untuk mempunyai banyak koneksi serta otoritas yang dapat mempengaruh orang lain.

Berikut beberapa cara untuk kamu dapat membangun personal branding yang baik melalui sosial media, diantaranya :

  • Kenali dirimu sendiri

Didalam menciptakan sebuah persona pribadi tentu saja harus dilandaskan akan kejujuran. Kamu harus dapat menjadi dirimu sendiri dan dapat menampilkan dirimu yang sejati dan sesungguhnya. Namun bisa saja kamu juga dapat membangun sebuah karakter yang berbeda sama sekali dengan tujuan kebutuhan konten. Tetapi hal tersebut tentunya akan sangat menguras energimu.

Kamu harus dapat mengenali akan kelebihan dan bakatmu sendiri, sebaik kamu mengenali akan kekurangan dan kelemahan dirimu. Dengan memiliki persona pribadi yang sesuai dirimu sendiri akan dapat menunjukan kepada seluruh jagat digital siapa dirimu yang konsisten, apa adanya, dan tentunya memiliki sebuah karakter yang murni.

  • Nama yang menarik

Langkah selanjutnya dengan menggunakan nama semenarik mungkin. Kamu dapat menggunakan kombinasi antara nama dan keahlian kamu. Nama tersebut akan menjadi sebuah identitas pertama yang tentunya wajib kamu gunakan untuk semua platform di media sosialmu.

Pemilihan dalam nama dapat juga diselaraskan dan sesuaikan dengan personal branding yang kamu inginkan. Hal tersebut tergantung kamu ingin seperti apa untuk penampilan digitalmu. Jika kamu seorang tipe yang mempunyai selera humor, tidak ada salahnya untuk menggunakan nama yang aneh dan nyeleneh.

  • Profil

Disetiap media sosial tentunya mempunyai kolom khusus yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan diri. Manfaatkanlah kolom tersebut sebaik mungkin dengan menceritakan mengenai biografi singkatmu. Hal ini dapat menjadi cara yang sangat ampuh untuk dapat menarik hati oranglain yang mempunyai kesamaan akan minat dengan dirimu.

Pastikan kembali untuk profilmu di media sosial selalu kamu perbaharui secara berkala. Karena, profil yang selalu diperbaharui akan lebih mempunyai peluang untuk dilihat oleh orang lain yang ada dijagat digital. Profilmu yang selalu baru dapat membuat orang lain yakin bahwa akunmu itu asli.

  • Strategi Konten

Tentu kamu tahu bahwa dunia digital itu berputar dengan sangat cepat. Itulah sebabnya penting buat kamu yang telah atau sedang membangun sebuah branding untuk mempunyai strategi akan penerbitan konten. Buatlah konten yang banyak dan lakukan hal itu secara konsisten. Namun begitu, kamu harus tetap menghadirkan konten yang penggarapannya serius.

  • Menciptakan Koneksi

Di era seperti ini , sangat sulit tentunya jika menjadi single fighter. Kecuali kamu memang mempunyai banyak modal sehingga kamu dapat membeli semua yang kamu butuhkan tidak terkecuali traffic digital. Kalau tidak mempunyai modal, yang dapat kamu lakukan adalah menciptakan koneksi dengan para masyarakat didunia digital.

Bergabung dengan banyak komunitas dapat menjadi cara yang sangat tepat untuk dapat menjalin koneksi dan relasi. Kamu dapat bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan personal brand kamu sehingga kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang dapat kamu pelajari dan manfaatkan.

Leave a comment

Your email address will not be published.