Memaknai Tantangan Dalam Hidup Bisa Dengan Cara Ini

Hidup memang penuh dengan tantangan, namun tantangan itu bisa menjadi masalah besar dan menghancurkanmu atau juga bisa menjadi pelajaran yang penuh makna apabila kamu berhasil menghadapi tantangan itu dengan kebijaksanaan, bagaimana caranya? Tulisan ini akan membantumu menemukan caranya.

Tantangan hidup sebenarnya akan memberikan nilai-nilai positif bagi orang yang mampu memaknai tantangan itu dengan baik, mungkin sedikit mustahil terdengarnya bagi orang-orang yang pesimis atau orang-orang yang belum mengetahui caranya, akan tetapi hal tersebut bisa dilakukan apabila kamu sudah tahu caranya.

Macam-Macam Tantangan dalam Kehidupan

Tantangan merupakan hal yang wajar ada dalam kehidupan, hampir setiap orang yang menjalani kehidupan pastinya mengalami tantangan, akan tetapi apakah kamu tahu bahwa tantangan pun dibagi menjadi dua, yaitu tantangan eksternal dan tantangan internal, apakah kamu sudah bisa membedakannya? Sebagian orang mungkin belum sadar akan kedua macam tantangan itu.

Untuk dapat memaknai tantangan, maka sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu dua macam tantangan dalam kehidupan, agar kamu memahami tantangan lebih mendalam, kemudian bisa memaknainya juga. Berikut ini penjelasannya.

  • Tantangan eksternal

Tantangan yang pertama adalah tantangan eksternal, apa itu tantangan eksternal? Tantangan eksternal adalah tantangan yang datang dari luar kuasa dirimu, sehingga kamu tidak menghendaki keberadaannya, namun pada kenyataannya tantangan itu nyata dan harus kamu hadapi.

Tantangan eksternal datang dari luar kuasa dirimu, sehingga mau tidak mau kamu harus menghadapinya. Misalnya, kamu mendapatkan project baru dari manajer untuk diselesaikan selama satu bulan ke depan, itu merupakan contoh tantangan eksternal yang memang harus kamu hadapi.

  • Tantangan internal

Tantangan internal adalah kebalikan dari tantangan eksternal, tantangan internal adalah tantangan yang ada disebabkan oleh dirimu sendiri, keputusan kamu dan keinginan kamu. Tantangan itu kamu ciptakan untuk dirimu sendiri, biasanya tantangan yang satu ini hanya akan ada pada orang-orang yang menyukai tantangan.

Tantangan internal cenderung lebih mudah dari tantangan eksternal, karena kamu tahu kapasitas dirimu sendiri, maka dari itu kamu pastinya akan membuat tantangan yang tidak akan melebihi kapasitasmu. Tantangan internal bisa saja tidak ada, namun karena dirimu menghendaki, maka tantangan itu ada.

Contoh dari tantangan internal antara lain adalah misalnya kamu menantang dirimu untuk mahir bahasa Inggris dalam waktu 3 bulan, maka dari itu kamu harus melewati berbagai macam usaha untuk berhasil menyelesaikan tantangan tersebut, tantangan yang dibuat oleh diri sendiri dapat disebut tantangan internal.

Setelah memahami dua macam tantangan yang dapat dialami oleh setiap orang, maka selanjutnya kita akan membahas cara memaknai tantangan dalam hidup, tentu saja ini berkaitan dengan pola pikir, karena kita akan mengambil ‘makna’ dari tantangan-tantangan yang datang dan harus kita hadapi.

Cara Memaknai Tantangan dalam Hidup

Makna adalah data yang ada di balik fenomena, itulah paradigma penelitian tentang makna. Artinya, makna adalah sesuatu yang mendalam, perlu pemahaman yang baik untuk mendapatkan suatu makna. Memaknai adalah kegiatan mengambil suatu hikmah mendalam, tentunya menggunakan pikiran. Berikut ini cara memaknai tantangan dalam hidup.

  • Filosofi tangga

Memaknai tantangan dalam hidup bisa dilakukan dengan filosofi tangga, yaitu memaknai bahwa tantangan adalah tangga, yaitu semakin banyak tantangan yang kamu berhasil lewati, artinya semakin banyak anak tangga yang kamu berhasil lewati, sehingga kamu akan merasa bahwa dirimu semakin mengalami kemajuan usai melewati tantangan.

Selain itu, tantangan juga dapat dimaknai sebagai ukuran tingginya nilai kehidupan dan derajat kehidupan kamu dengan filosofi ini, semakin tinggi tantangan kamu, maka berarti semakin tinggi pula tangga yang akan kamu naiki, artinya apabila kamu berhasil melewati semua anak tangga itu, maka kamu akan mencapai posisi tertinggi dalam hidupmu.

  • Memaknai tantangan sebagai pengembangan diri

Seseorang yang banyak melewati tantangan sesungguhnya ia telah mengalami perkembangan diri, maka dari itu tantangan dapat dimaknai sebagai pengembangan diri, apabila kamu ingin berkembang, maka hadapilah tantangan, bahkan ciptakanlah tantangan dalam menjalani kehidupan.

Setiap orang tentunya menginginkan diri mereka yang berkembang, dan itu hanya bisa didapat dengan tantangan, jika kamu ingin pemikiranmu berkembang, maka tantang dirimu untuk dapat mempelajari filsafat, apabila kamu ingin punya uang banyak, maka tantang dirimu untuk segera menjalani bisnis.

Karena tantangan dapat mengembangkan diri seseorang, maka tentunya tidak ada pilihan lain bagi kamu yang ingin mengembangkan potensi diri selain melewati tantangan yang dihadapi atau bahkan menciptakan tantangan itu sendiri, namun pastikan tantangan yang diciptakan sesuai dengan kapasitasmu.

Itulah penjelasan tentang cara memaknai tantangan, setelah membaca artikel ini, mungkin kamu sudah paham apa itu tantangan dan bagaimana memaknai tantangan, tentunya dengan memahami tantangan kamu dapat memaknai tantangan, dan dengan memaknai tantangan kamu dapat melewati tantangan.