Membangun Mindset Positif Dalam Diri, Begini Tipsnya

 Pikiran merupakan faktor utama yang menentukan seseorang baik atau buruk, sukses atau tidak sukses. Mindset merupakan pola pikir yang terbentuk oleh cara berpikir, motivasi, kepercayaan dan nilai-nilai. Sangat penting bagi kamu untuk membangun mindset positif untuk menjadi pribadi yang positif.

Membangun mindset yang positif merupakan upaya self development, kamu harus melakukannya apabila ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan meraih kehidupan yang lebih baik, kamu juga tidak akan mendapatkan kesuksesan apabila tidak memiliki mindset yang positif.

Pola pikir setiap orang tergantung dari paradigma yang terbentuk akibat dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah cara seseorang memandang lingkungan dan kehidupan. Sedangkan faktor eksternal adalah cara pandang seseorang yang terbentuk akibat lingkungan sosial.

Lingkungan sosial tidak menjamin setiap orang menjadi mampu berpikir positif, di lingkungan sosial kita akan menghadapi fenomena kurang baik dan fenomena buruk, semuanya akan mempengaruhi mindset kita tanpa disadari. Lalu bagaimana cara membangun mindset positif? Begini tipsnya.

Berpikir Dengan Baik

Alur nalar atau cara kita bernalar menentukan daya akal untuk menyaring segala sesuatu yang mempengaruhi mindset. Sederhananya, berpikir dengan baik dan benar akan membantu kita untuk membedakan asumsi mana yang baik untuk kamu ambil dan asumsi mana yang sebaiknya kamu tolak.

Kemampuan menerima dan menolak mindset akan membuatmu bertahan dari asumsi yang mempengaruhi mindset menjadi negatif, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk dapat berpikir dengan baik, berikut penjelasannya.

  • Belajar Berpikir Menggunakan Logika

Logika merupakan ilmu yang mempelajari alur nalar yang baik dan benar, logika mengajarkanmu untuk menyimpulkan segala sesuatu dengan cara yang benar, sehingga pemikiran yang diciptakan dari proses nalar itupun benar. mindset negatif bisa muncul dari pola pikir yang mengabaikan logika.

  • Bahasa yang Baik

Dalam ilmu pengetahuan, bahasan merupakan bagian dari saran berpikir, bahasa merupakan cara seseorang menyampaikan apa yang ada di pikirannya. Sebaiknya kamu hindari penggunaan bahasa yang tidak baik, kata-kata kasar atau tak senonoh.

Kamu harus tahu bahwa bahasa yang kamu keluarkan dan kamu terima dapat berpengaruh terhadap mindset kamu, jika bahasa yang kurang baik mendominasi di pikiranmu, maka akan terbentuk mindset yang kurang baik, begitupun sebaliknya.

Percaya Segala Sesuatu Itu Baik

Salah satu kunci untuk membangun mindset yang baik adalah sebuah asumsi yang menjadi keyakinan positif, yaitu percaya bahwa segala sesuatu itu baik. Artinya adalah kamu percaya bahwa segala sesuatu itu mengandung pelajaran dan kebaikan, bahkan dari sesuatu yang kamu anggap buruk.

Misalnya, ketika bisnis atau usahamu bangkrut, cobalah untuk berpikir bahwa itu baik, sehingga kamu tidak menghabiskan waktumu untuk bersedih atas apa yang sedang menimpamu, melainkan kamu akan fokus mengambil pelajaran yang akan memperbaiki langkahmu selanjutnya.

Pemikiran seperti itu akan membangun mindset positif dalam dirimu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik dan siap meraih kesuksesan. Kamu akan terhindar dari pikiran-pikiran buruk yang akan membuat mindset positif pasca suatu hal buruk yang menimpamu. Berikut cara meyakini semua itu baik.

  • Dualisme Kehidupan

Dualisme kehidupan adalah pemikiran yang meyakini bahwa segala sesuatu dalam kehidupan mengandung aspek yang bertentangan, akan tetapi aspek itu akan selalu berdampingan, misalnya cahaya dan kegelapan, keduanya tidak akan ada apabila salah satu dari keduanya tidak ada.

Begitupun kegagalan, kesedihan dan hal-hal yang tidak diinginkan, percayalah apabila hal negatif itu menimpamu, maka ia tidak akan datang sendirian, ada dualisme yang membersamainya, ketika kamu mengalami kegagalan maka akan ada kesuksesan juga yang menghampirimu.

Keyakinan itu akan membuatmu jadi selalu berpikir positif walaupun ditimpa hal negatif berkali-kali, mindset positif akan terbangun, kamu akan berdamai dengan kegagalan dan kesedihan, namun tetap siap meraih kesuksesan dan kebahagiaan.

  • Memegang Teguh Spiritual

Setiap orang yang memiliki agama tentu ia percaya akan adanya tuhan. Setiap pemeluk agama mempercayai bahwa tuhan merupakan sesuatu yang sempurna atau bahkan puncak dari kesempurnaan, kecerdasan spiritual akan membangun mindset positif di pikiranmu.

Dengan spiritual dilandasi oleh kepercayaan, kamu akan memiliki power yang dapat membangun mindset positif dalam hidup, kamu akan berpikir bahwa segala sesuatu merupakan kehendak tuhan dan kehendak tuhan tidak mungkin tidak baik, pasti ada kebaikan dan pelajaran di baliknya yang harus dipahami.

Dengan spiritual yang baik, kamu akan berpikir bahwa segala sesutau itu baik dan kamu akan melakukan yang terbaik karena meyakini pemikiran itu. Maka dari itu sebaiknya kamu juga membangun spiritual untuk membangun mindset yang baik, sehingga kamu akan menjadi pribadi yang baik.

Mindset yang baik merupakan campuran antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan spiritual. Ketika seseorang dapat menggunakan ketiga jenis kecerdasan itu, maka dirinya akan menjadi pribadi yang baik dan memiliki mindset yang baik.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *