Tipe Personal Boundaries yang Perlu Diketahui

Istilah boundaries memang belum terlalu dikenal, namun kamu harus tahu bila boundaries mempunyai makna yang berarti batasan yang bisa kamu lakukan demi kesehatan pada emosional dan mental. Bagi kamu yang masih belum untuk memulai menetapkan bonderis atau batasan maka akan lebih baik bila kamu meluangkan waktu guna mengidentifikasi diri sendiri.

Jika kamu telah mempunyai boundaries yang longgar hal tersebut bisa mulai kamu terapkan sebab untuk menentukan batasan kamu perlu mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Karena boundaries sendiri memang ada yang kuat ada juga yang tidak dan bagi mereka yang bonderisnya lemah tentu bisa mulai mencari tahu bagaimana caranya agar menjadi kuat.

Cara menetapkan boundaries

Batasan atau boundaries, baik yang lemah ataupun yang kuat semua itu bergantung kepada masing-masing individu bagaimana cara mereka memaknainya. Ada yang menyebutkan jika seseorang yang memiliki bondairis kuat biasanya mempunyai circle atau hubungan dekat dengan orang lain dan ini jumlahnya hanya sedikit.

Lalu mereka yang mempunyai boundaries lemah, biasanya cenderung dikelilingi oleh orang-orang yang terlihat baik namun sebenarnya lebih banyak yang memanfaatkan orang tersebut dan mengontrol kehidupannya atau kita biasanya menyebut hal tersebut sebagai toxic relationship.

Karena itu ada baiknya apabila kamu termasuk seseorang yang mempunyai personal boundaries lemah, mulailah untuk memperkuat dan memberikan batasan kepada orang-orang di sekitar agar mereka tidak terlalu ikut campur atau mengontrol diri kamu. Sebab bagaimanapun juga hidupmu adalah hak kamu.

Kamu bisa menentukan boundaries atau batasan apa yang memang dibutuhkan di sekitarmu, baik ini untuk hubungan keluarga, pertemanan, pekerjaan hingga percintaan. Kamu bisa mulai menanyakan kepada diri sendiri sebelum nantinya menetapkan batasan-batasan tersebut contohnya seperti :

  • Tanamkan di dalam diri kamu jika kamu adalah seseorang yang memang pantas diperlakukan secara hormat seperti orang lain, alasannya karena kamu adalah seseorang yang berharga dan jangan lupa bawa kamu juga harus menghormati dirimu sendiri.
  • Cobalah kamu ingat kembali hal-hal dalam kehidupan yang menurut kamu terlalu mempermainkan pikiran dan emosi. Kemudian definisikanlah serta ungkapkan apa saja yang harus menjadi batasan antara kamu dengan lingkunganmu.
  • Jika kedua poin di atas sudah kamu lakukan yang selanjutnya adalah menentukan boundary atau batasan dan kamu wajib mengenali batasan yang kamu buat tersebut. Kamu juga harus tahu bagaimana cara untuk menerapkannya dan untuk siapa hal tersebut harus dilakukan.

Tipe boundaries yang harus diketahui

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bila personal boundaries merupakan sebuah batasan yang kamu buat untuk dirimu sendiri agar tidak mudah terpengaruh dari dunia luar. Sebenarnya masing-masing individu mempunyai batasan sendiri di mana memang tidak semua orang dapat mengetahui hal tersebut.

Batasan ini sangat amat diperlukan, agar orang-orang di sekitarmu tahu bahwa dirimu memiliki privasi yang tidak boleh dilanggar atau dicampuri seenaknya. Bila diibaratkan, kamu memiliki rumah yang pastinya tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya kecuali sudah kamu berikan izin.

Nah, boundaries atau batasan diri seperti itu, kamu tidak boleh dengan mudah mengizinkan orang lain yang tidak kamu kenal untuk masuk dalam kehidupan begitu saja dan mengobrak-abrik isinya. Untuk dapat mengatur batasan ini tentunya kamu harus memprioritaskan dirimu sendiri. Lalu sebenarnya apa saja jenis dari personal boundaries yang harus diketahui berikut di bawah ini adalah penjelasannya :

  1. Fisik 

Batasan pertama adalah mengenai fisik, kamu harus mempunyai personal space untuk hal ini. Di mana memang ada individu yang tidak terlalu menyukai melakukan sentuhan fisik atau tersentuh oleh orang lain karena hal ini merupakan batasan yang dibuat baik secara sadar maupun tidak dan semua orang perlu menghargainya.

  1. Emosi 

Setiap orang tentunya dapat dipengaruhi dan mempengaruhi perasaan dari orang lain, misalnya saat kamu melihat ada temanmu yang merasa sedih, secara tidak langsung kamu juga merasakan kesedihan tersebut. 

Sebenarnya ini adalah hal yang wajar, tetapi menjadi tidak wajar ketika kamu selalu terbawa emosi. Karena perasaan yang terlalu berlebihan ini bisa saja membuat pihak lain merasa tersakiti. Oleh sebab itu jika kamu merupakan seseorang yang mudah terbawa perasaan, ada baiknya belajar untuk mengendalikan hal tersebut. 

  1. Materi

Ada begitu banyak individu yang masih belum memahami jenis boundaries tentang materi. Biasanya yang paling mudah ditemukan adalah individu atau seseorang yang memiliki personal boundaries lemah akan dengan gampangnya meminjamkan uang atau barang orang lain atau bisa juga kamu terlalu tidak peduli dengan hal yang akan beli. 

Jadi, sekiranya barang tersebut bagus maka tanpa berpikir panjang kamu akan membeli produk tersebut. Hal ini jika dikaitkan dengan kesehatan finansial tentunya tidaklah baik, karena terlalu konsumtif pastinya bisa membuat kamu jauh dari freedom financial.

  1. Waktu

Melakukan manajemen waktu merupakan salah satu yang harus kamu persiapkan guna mengelola batasan. Kamu harus menentukan prioritas serta bagaimana pembagian waktu kamu di setiap harinya, supaya kamu dapat mengetahui apa saja yang memang harus dilakukan dan tidak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *