Tips Memilih Karir yang Tepat Agar Tidak Menyesal

Tips Memilih Karir yang Tepat Agar Tidak Menyesal

Ada begitu banyak pilihan karir bagi Anda untuk memenuhi kehidupan. Hanya saja memang tidak semua bisa mendapatkan karir yang cocok untuk dijalani, selain banyak pula dari mereka masih bingung ketika harus menentukannya.

Karena itu, supaya keputusan yang berhubungan dengan pekerjaan dapat dilakukan secara tepat. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda ketahui, agar nantinya bisa menentukan pilihan karir dengan baik tanpa harus merasa bingung.

Menilai Diri Anda Sendiri

Hal terpenting yang harus Anda miliki adalah belajar untuk menilai diri Anda sendiri, ini bertujuan supaya nantinya bisa dengan mudah menentukan karir yang cocok. Anda haruslah memahami keterampilan, minat, bakat serta kepribadian.

Untuk mengetahui semua itu, Anda dapat melakukan tes di psikologi atau menggunakan alat khusus yang memang memiliki fungsi untuk mengumpulkan segala informasi mengenai kepribadian Anda. Selain itu, bisa juga mendapatkan daftar pekerjaan untuk Anda dan tentu semua itu sudah dicocokan dengan kepribadian Anda.

Anda harus memahami pekerjaan yang diminati

Selanjutnya adalah mencari tahu mengenai deskripsi dari pekerjaan yang Anda minati, misalnya seperti syarat untuk melamar, pelatihan yang dilakukan dan diperlukan, pendidikan dan lain sebagainya. Dengan Anda mendapatkan informasi mengenai pekerjaan-pekerjaan tersebut, tentu nantinya bisa menyesuaikan diri dan lebih mudah beradaptasi.

Selain itu, mencari tahu tentang posisi serta profesi dari pekerjaan, akan membuat Anda lebih termotivasi dalam melakukan pekerjaan tersebut. Lagipula ketika Anda tahu mengenai kerjaan yang nantinya akan dilakukan, ini bisa mempermudah Anda dalam menentukan sikap.

Buatlah daftar dari pekerjaan yang diminati

Ketika Anda sudah mengenali bagaimana kepribadian, keahlian serta bakat yang dimiliki. Selanjutnya tinggal menyaring pekerjaan apa yang sekiranya cocok dengan Anda. Kemudian buatlah sebuah daftar dari lowongan yang Anda temukan di tajuk surat kabar maupun media online mengenai gaji, prospek kerja hingga pelatihannya.

Anda dapat mencoret pekerjaan yang tugasnya tidak sesuai passion. Karena karier yang terlihat tidak memiliki prospek di masa mendatang atau gajinya rendah. Selain itu, bila pada daftar ada pekerjaan yang sebenarnya diri Anda tidak memenuhi kriteria maka buang juga.

Tips Memilih Karir yang Tepat Agar Tidak Menyesal

Harus memiliki tujuan yang jelas

Setelah itu Anda harus bisa mengidentifikasi mengenai tujuan untuk jangka panjang atau pendek, mengenai pekerjaan tersebut. Apakah Anda akan bekerja selama 5 tahun atau bahkan lebih dari angka tersebut, ini bila Anda memang ingin bekerja untuk waktu yang lama karena memang ada impian yang harus diwujudkan.

Atau bisa juga hanya bekerja beberapa waktu, misalnya 1 tahun hingga 3 tahun. Karena Anda merasa bila keinginan yang harus dicapai bisa didapatkan dengan Anda mengumpulkan penghasilan dalam waktu singkat.

Contoh tujuan bekerja dalam jangka panjang adalah Anda memiliki tujuan guna menyelesaikan pendidikan diri sendiri, jadi pekerjaan tersebut merupakan syarat agar dapat menempuh karir yang diinginkan.

Untuk tujuan jangka pendeknya, misal Anda mendaftar di kampus ternama dan ingin mengikuti magang atau membutuhkan pelatihan yang dapat mendukung. Dimana memang pendidikan adalah salah satu persyaratan untuk memperoleh karier sesuai dengan keinginan.

Rencanakan karir Anda

Berikutnya, Anda perlu merancang sebuah rencana dan menjelaskan step by step yang memang harus dilakukan guna mencapai tujuan. Rencana tersebut mirip seperti peta yang akan membawa Anda menuju pemberhentian yang diinginkan secara bertahap.

Ada baiknya rencana tersebut berisi target jangka pendek dan panjang, kemudian buat juga langkah yang nantinya akan Anda ambil supaya bisa memperoleh target yang dituju. Anda juga harus selalu memperhatikan segala hambatan dan kendala yang mungkin akan menghalangi langkah Anda dalam mencapai tujuan.

Lakukan survei terlebih dahulu

Selanjutnya, ialah melakukan survei mengenai pekerjaan yang dijadikan pilihan. Bila Anda sudah tahu industri mana yang diminati, berikutnya adalah dengan mempersempitnya di bagian sektor pekerjaan, kemudian posisi yang cocok.

Anda bisa mencoba untuk bertanya kepada beberapa orang, misal pada kerabat atau sahabat yang sudah terlebih dahulu bekerja pada posisi atau industri yang dimaksud. Atau bila tidak ada tempat untuk bertanya, Anda bisa mencarinya di internet dengan masuk pada platform Linkedin kemudian menghubungi orang-orang yang bekerja di posisi tersebut.

Tulislah keunggulan dan kekurangan dari profesi yang dipilih

Ketika Anda sudah melakukan survei mengenai pekerjaan-pekerjaan yang masuk ke dalam daftar, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari tahu kekurangan serta kelebihan dari masing-masing profesi. Dengan demikian Anda bisa mempersempit lagi pilihan karier setelah mempertimbangkan dari plus minusnya.

Jangan pernah mengambil keputusan dalam keadaan takut

Ada sebuah artikel yang mengatakan bila sebaiknya ketika Anda memutuskan sesuatu, termasuk pekerjaan. Jangan dalam keadaan takut, tertekan atau merasa ragu, hal ini dikhawatirkan akan membuat Anda menjadi menyesal dan sudah pasti dapat mempengaruhi karir Anda di masa depan.

Demikianlah tadi tips untuk Anda yang masih merasa bingung dalam mengambil keputusan mengenai pekerjaan atau karier. Penting untuk digaris bawahi, bahwa sebaiknya Anda memilih pekerjaan itu tidak boleh terburu-buru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *